Next Generation – Poker Runs America

Avatar

Cole Leibel melanjutkan nama belakang yang terkenal di balap lepas pantai.

Cole Leibel dan Gary Ballough musim panas ini sedang berlari di Sarasota Powerboat Grand Prix ketika katamaran Victory berputar.

Dengan aman keluar dari perahu dan berdiri di bagian bawah lambung, Ballough menoleh untuk melihat pengemudi pemula itu berseri-seri.

“Yang bisa dibicarakan Cole hanyalah betapa bahagianya dia bahwa kami berlari di depan dengan semua orang, dan dia sangat gembira dengan itu,” kata Ballough, throttleman veteran. “Tentu saja, saya memikirkan aspek finansial karena itu adalah kapal saya, tetapi membawa saya ke tempat yang lebih baik.”

Semua bekerja dengan baik karena katamaran 32 kaki memiliki sedikit kerusakan dan setelah menjalankan tujuh balapan America Power Boat Offshore Championship Series, menyelesaikan musim perdana mereka dengan finis ketujuh di kelas Super Stock di Key West Offshore World Championships di November.

Ayah Cole, Corey Leibel dan Paman Lorne Leibel menonton Kejuaraan Key West.

Leibel mengikuti jejak pamannya dan legenda balap lepas pantai Lorne Leibel, yang telah berkampanye di Canada Homes dan Bacardi Silver Supercats dan membalap selama 35 tahun. Lorne berlari dengan yang terbaik dan berbagi kokpitnya dengan pembalap seperti: Bobby Latham di tahun 70-an; Bob Idoni, Ed “Smitty” Smith, Bob Morgan, Gary Ballough bahkan Walter Regazzi dari Italia, di tahun 90-an.

Beberapa kenangan awal Cole Leibel adalah menghadiri Kejuaraan Dunia di Key West, jadi wajar saja jika pebalap Kanada berusia 34 tahun itu ikut balapan.

“Setiap tahun saya mengatakan saya akan balapan di sini, dan tahun ini akhirnya akan menjadi tahunnya,” kata Leibel. “Saya sangat senang akhirnya balapan di Key West Harbor yang sudah lama saya tonton.”

Keluarga Leibel membuat kenangan di atas air. Cole saat ini memiliki enam perahu dalam koleksinya.

Leibel adalah pendayung kinerja lama yang telah memiliki kapal dari Cigarettes hingga Skaters. Koleksi pribadinya saat ini memiliki enam kapal (turun dari 12), tetapi favoritnya adalah konsol tengah Nor-Tech 340 yang berada di gudang perahu di Danau Simcoe di Kanada, tempat dia tinggal bersama keluarganya.

“Saya tidak pernah menjadi orang mobil besar, saya sudah mencobanya dan tidak pernah benar-benar melakukan apa pun untuk saya,” kata Cole.

Sementara Leibel telah berpartisipasi dalam permainan poker selama bertahun-tahun, dia mencari aksi balapan yang dia ingat sebagai seorang anak dan dewasa muda.

Leibel telah menemukan kesuksesan sebagai pembangun rumah tepi laut di Danau Simcoe dengan perusahaannya Big East Construction.

Proyek terbaru Big East adalah fasilitas penyimpanan yang terisolasi, berpemanas, dan aman untuk kapal dan trailer, berlokasi di Innisfil, Ontario. Saat ini terdapat dua bangunan dan area penyimpanan luar ruangan yang besar, yang dapat menampung RV, perahu, trailer, dan kendaraan lainnya. Big East memiliki perusahaan yang dapat menangani transportasi kapal, dan mereka menawarkan trailer in-house untuk pelanggan jika diperlukan.

Cole di bengkelnya.

Sekarang ada sekitar 100 perahu dan 20 mobil di gedung penyimpanan, bersama dengan beberapa orang yang berkemah. Cole berencana memperluas fasilitas dengan menambah gedung lain tahun depan. (Untuk informasi lebih lanjut tentang peluang penyimpanan, hubungi kantor Big East di 705-294-0785.)

Leibel menyukai kelas Super Stock karena kedalamannya dan mesin tempel Mercury Racing 300 hp yang ramah anggaran. Sebagai pembalap pemula, Leibel tahu dia membutuhkan throttleman berpengalaman dan mulai berbicara dengan Ballough setelah Kejuaraan Key West 2021 tentang mengkampanyekan perahu. Dia memiliki mandat dengan beberapa Kejuaraan Dunia di bawah ikat pinggangnya.

Ballough mendorong Leibel untuk balapan dengannya beberapa minggu kemudian di Edgewood Beach, Florida, di mana mereka nyaris finis di podium.

Kemitraan berhasil dan mereka setuju untuk menjalankan jadwal nasional yang meliputi Cocoa Beach, Fla., Lake of the Ozarks., Mo., Sarasota, Fla., St. Clair, Mich., Michigan City, Ind., St. Petersburg, Fla., dan Clearwater, Fla. Balapan terakhir musim ini di Pantai Fort Myers, Florida, dibatalkan karena kerusakan parah akibat Badai Ian.

Awalnya Leibel berencana untuk mengkampanyekan Doug Wright tetapi ketika kapalnya tidak selesai tepat waktu, mereka memilih untuk balapan Katamaran Ballough’s Victory, yang dibeli Leibel musim ini. Tujuannya adalah untuk memperlakukan 2022 sebagai musim yang mengguncang dan meningkat sebagai sebuah tim.

Cole Leibel berdiri di depan perahu pertama putranya, Tuff 16′, di sebelah Nor-Tech miliknya. Dia adalah pria keluarga yang suka mengajak keluarganya berperahu, mengunjungi hot spot lokal seperti Friday Harbor di Danau Simcoe.

“Saya benar-benar merasa lebih nyaman, dan sangat membantu memiliki Gary di perahu,” kata Leibel. “Dia telah mengajari saya begitu banyak hal mulai dari tidak berbelok di atas perahu hingga cara masuk dan keluar belokan. Ini sangat membantu.”

Ballough mengatakan dia melihat pertumbuhan di Leibel seiring berjalannya musim dan menghargai antusiasme yang dia bawa ke kokpit.

“Hal-hal yang saya pelajari apakah itu melalui kesalahan atau melalui kesalahan orang lain, saya mencoba menjelaskan situasinya sebelum itu terjadi karena saya punya pengalaman,” kata Ballough. “Saat Anda tidak berada di depan dan Anda berada di belakang beberapa perahu, Anda memiliki kemewahan saat Anda tidak berada di luar sana untuk menang untuk mencoba beberapa hal berbeda.”

Paman Lorne berada di Pier House di Key West untuk mendukung balapan keponakannya untuk pertama kalinya di Key West. Ditanya apakah dia punya saran untuk Cole, Lorne berkata untuk menikmati minggu ini.

“Saya mencoba untuk tidak pernah memerintah dia dengan nasihat dan mengatakan kepadanya apa yang harus dilakukan,” kata Lorne. “Saya membiarkan dia datang kepada saya jika dia memiliki pertanyaan atau menanyakan apa yang saya lihat di luar sana. Di mana pun saya bisa membantu, saya akan ada di sana.”

Anak-anak tidur setelah seharian di atas air.

Tim melakukan perjalanan dengan kru kecil bersama Haak bersaudara, Mike dan Andrew, memberikan dukungan pada balapan dan sponsor dari Double R Performance dan Krytiuk Motorsports. Big East Construction sebagian besar didanai sendiri, tetapi sangat berterima kasih atas kelompok sponsor yang luar biasa yang sebagian besar merupakan sub perdagangan dari perusahaan konstruksinya, Big East Construction. Seperti kebanyakan tim balap lepas pantai, Cole telah menjual barang dagangan seperti topi dan kemeja untuk mempromosikan dan meningkatkan profil tim dan perusahaan konstruksi.

Itu membekas pada Paman Lorne-nya, yang dulu membiarkan Cole mengemudikan perahu balap ketika dia masih balita.

“Dia melakukan yang terbaik dengan merchandising dan dia bergegas untuk mendapatkan sponsor, yang tidak pernah saya lakukan,” kata Lorne.

Kristy dan Cole Leibel di depan
perahu balap. Cole memiliki kampanye rookie yang sukses di kelas Super Stock.

Melihat ke depan untuk musim depan, Cole mengatakan “Apakah itu sembilan balapan atau enam balapan, saya tidak tahu apa yang akan kita lakukan tahun depan,” kata Cole. “Kupikir mari kita selesaikan musim ini dulu.”

Tim Big East melaju ke posisi kedua dalam balapan pembuka di Key West Worlds. Duo ini memimpin balapan kejuaraan hari Minggu selama 5 lap sebelum meledakkan sekering yang membuat mereka kehilangan kejuaraan.

Sementara ayah Cole, Corey, memiliki Skater bermesin tiga 32 ‘, dia tidak menyukai balap lepas pantai. Sebaliknya, dia akan menyaksikan saudaranya Lorne berlomba dari helikopter di Key West. Suatu tahun mereka membawa Cole — yang kira-kira berusia 7 tahun — ke Key West untuk perjalanan anak laki-laki.

Kristy dan Finley berkumpul untuk berperahu musim dingin di Ontario.

Mereka kehilangan Cole di balapan tetapi menemukannya beberapa jam kemudian duduk di dinding sambil menyeruput minuman. “Saudaraku diberitahu oleh istrinya ‘Jangan pulang jika kamu kehilangan dia,'” kata Lorne sambil tertawa. “Dan benar saja, dia kehilangan dia di dermaga di Key West.”

Dengan Lorne pensiun dari balap lepas pantai (dia belum pensiun sebelumnya), Cole menjaga warisan keluarga dalam balap lepas pantai.

“Ini bukan hanya tentang warisan ras perahu,” kata Lorne. “(Sementara) sangat rapi untuk melanjutkan (warisan), mudah-mudahan dia akan mulai naik podium dan melanjutkan tradisi kemenangan. Dia mengesankan dalam banyak hal dan tidak diragukan lagi dia akan sukses dalam balapan.”

Cetak Ramah, PDF & Email

Author: Alexander Gray